
Manajemen Pendidikan di Sekolah
Oleh : Jaya MN
03 February 2023, 20:58:11 79 Views Artikel
Manajemen dalam bidang pendidikan tidak berbeda jauh dengan manajemen yang diterapkan di bidang-bidang lain, termasuk perusahaan. Manajemen pendidikan adalah manajemen yang diterapkan dalam pengembangan pendidikan yang dilakukan melalui proses kerjasama yang sistematik, sistemik, dan komprehensif dengan melaksanakan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian dalam mencapai tujuan pendidikan. Muhaimin (2009), mendefinisikan manajemen pendidikan sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Sumber daya yang dimaksud adalah Sumber Daya Manusia (SDM), Sumber Belajar (SB) dan Sumber Fasilitas dan Dana (SFD).
Me-manage adalah mengatur dan mengelola. Artinya dalam kegiatan manajemen terlibat unsur-unsur seperti merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan sumber daya yang ada untuk digunakan dalam mencapai tujuan sekolah. Kegiatan manajemen menjadi kunci keberhasilan untuk mencapai kesuksesan dalam mengelola pendidikan. Dengan manajemen yang baik, lembaga pendidikan dapat berhasil memenuhi tuntutan mutu pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan, di samping itu yang baik juga dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas (Rohiat, 2009).
Manajemen pendidikan dapat dilakukan secara efektif apabila berangkat dari tujuan sekolah atau pendidikan secara nasional yang diikuti dengan prinsip-prinsip yang jelas dalam bekerja. Tujuan pendidikan nasional menjadi pedoman atau patokan bagi sekolah-sekolah untuk menentukan tindakan atau kegiatan manajemen mengembangkan sekolah. Ketepatan menentukan manajemen dapat menjadi kunci bagi keberhasilan pencapaian tujuan sekolah. Sementara prinsip-prinsip dalam kegiatan manajemen adalah transparansi, keterbukaan, relevansi, efisiensi, dan efektifitas. Prinsip-prinsip tersebut harus digandengkan dalam setiap kegiatan manajemen. Apabila manajer melaksanakan kegiatan manajemen tidak didasarkan pada prinsip-prinsip tersebut, akan sulit untuk mewujudkan pencapaian tujuan. Karena komponen pendidikan seperti guru dan staf akan sulit bekerja jika kepercayaan dan kepuasan tidak didapatkan.
Disamping itu, dalam melakukan manajemen yang baik perlu menetapkan sasaran-sasaran sekolah, menentukan sasaran-sasaran dapat membantu pencapaian tujuan pendidikan secara efektif. Penentuan sasaran-sasaran tersebut, misalnya menciptakan pengharapan guru terhadap prestasi belajar, membangun hubungan antara pelajar dengan guru, memotivasi pelajar, menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk pengajaran dan pembelajaran, dan menciptakan hubungan antara individu pelajar dengan teman sejawat yang harmonis.
Dalam mewujudkan tujuan dan sasaran-sasaran pendidikan, manajer atau pemimpin pendidikan perlu melibatkan semua stakeholder, baik pada perencanaan, pengambilan keputusan, melaksanakan, maupun pengawasan. Pengelolaan sekolah harus dilakukan secara transparan dan akuntable sesuai dengan prinsip-prinsip yang mengedepankan kebersamaan. Dengan demikian, pendidikan atau sekolah yang mewujudkan tujuannya sesuai dengan sasaran-sasaran yang ditetapkan dapat mencapai keberhasilan atau menjadi sekolah efektif.
Sumber: Andang, M.Pd, Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah; Konsep, Strategi, & Inovasi Menuju Sekolah Efektif. (Andang, M.Pd)
Powered by Froala Editor