kontenThumbnail-1667201906.jpg

Bupati Kukuhkan Komunitas Belajar Kukar Pintar

Oleh : Bidang Umum

31 October 2022, 15:35:45 152 Views Umum


Oleh: Jaya Miharja N

TENGGARONG - Bertempat di Gedung Serbaguna lantai 3 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kutai Kartanegara tadi siang (Sabtu, 29 Oktober 2022), Bupati Edi Damansyah resmi mengukuhkan Komunitas Belajar Kukar Pintar Idaman (KBKPI) dimana komunitas ini sendiri merupakan pemenuhan kewajiban administratif dari Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Thauhid Afrilian Noor yang akan akan mengikuti Diklat Kepemimpinan beberapa hari kedepan.

Selain Bupati kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya, perwakilan dari masing-masing OPD terkait, serta perwakilan sekolah, guru, tenaga kependidikan dan pendidik lainnya.

Acara diawali dengan penampilan dari siswa siswi pemenang lomba pidato, cerita dongeng, Tarsul dan puisi dalam bahasa Kutai yang diadakan beberapa waktu yang lalu.

Kemudian dalam paparannya Kadis Disdikbud Thauhid menyampaikan bahwa berdasarkan Rapor Pendidikan 2021 tingkat literasi dan Numerasi masih cukup rendah meskipun kalau di lihat secara keseluruhan di Provinsi Kaltim posisi Kukar berada di tengah. "Jadi paling rendah juga tidak dan bukan juga yang paling tinggi", ujarnya. Begitu juga dengan survei karakter. 

Sementara itu dasar hukum dari pembentukan KBKPI ini adalah PERMENDIKBUDRISTEK RI Nomor 32 Tahun 2022 Tentang Standar Teknis Pelayanan Minimum.

Supaya kegiatan KBKPI tersebut bisa berjalan dengan baik maka disiapkan juga beberapa produk pendukung seperti Peraturan dan SK Bupati Tentang Pembentukan Komunitas Belajar Kukar Pintar Idaman, Panduan Implementasi Kurikulum, Panduan Penguatan Pendidikan Karakter dan Gema, Road Map Literasi Dasar, dan Portal Pembelajaran.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Program SMP Berbagi, dimana sekolah-sekolah SMP dilingkungan Kukar mendonasikan buku-buku dan peralatan-peralatan kepada sekolah lain yang membutuhkan. Kemudian dilanjut dengan penyerahan beasiswa stimulan secara simbolis kepada 5 SD dan 5 SMP, apresiasi Kwaran Pramuka, penyerahan peralatan TIK kesekolah oleh Bupati Kukar. Bupati juga menerima sebuah buku berjudul "Selaksa Memori Masa Pandemi" karya Adira Ayu Rasida Siswi SMPN 1 Kukar dan Kamus Bahasa Kutai dari Kadis Disdikbud.

Sementara itu Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi apa yang coba dilakukan oleh Disdikbud Kukar. "Saya tidak menginginkan bahwa agenda silaturahmi kita pada hari ini hanya sebagai seremoni. Jangan sampai agenda pilot project perubahan dari Kegiatan Komunitas Belajar Kukar Idaman ini hanya sebagai persyaratan administratif. Setelah selesai diklat lantas ini tidak bisa direalisasikan lewat rencana strategis Dinas Pendidikan dan kebudayaan", katanya. Karenanya Edi menegaskan agar kegiatan ini nantinya dapat secara konsisten di implementasikan. 

Diakhir sambutannya Bupati Edi resmi mengukuhkan Komunitas Belajar Kukar Pintar Idaman dengan menandatangani pernyataan dukungan keberlanjutan program KBKPI tersebut.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan dua unit mobil operasional dan dilanjut dengan launching podcast Kopi Idaman (Konten Obrolan Pintar) yang juga merupakan produk pendukung dari kegiatan KBKPI.(Jaya MN)

Powered by Froala Editor